Investasi Jangka Pendek Kurang dari Satu Tahun

85
0


Investasi yang menguntungkan merupakan impian sejuta umat. Lantas siapa yang tidak tertarik jika investasinya berhasil dan mendapatkan banyak return atau keuntungan sesuai apa yang diharapkan. Mereka yang melakukan investasi, pada dasarnya telah memahami mengenai manfaat dan keuntungan yang diperoleh, sehingga muncul kesadaran untuk mencobanya. Meski bersifat spekulatif, tidak ada salahnya juga apabila dicoba.
Ketika Anda melakukan investasi, secara tidak langsung telah memikirkan kondisi keuangan pada masa yang akan datang, baik itu dalam jangka panjang atau pendek sekalipun. Seperti misalnya beberapa bulan atau beberapa hari ke depan. Sedangkan jenis investasi yang dapat Anda pilih sebagai salah satu instrumen manajemen keuangan ialah beragam.
Seperti salah satu contohnya yaitu jenis investasi jangka pendek yang banyak dipilih oleh masyarakat pada umumnya karena melalui sistem ini investor bisa memperoleh keuntungan dalam kurun waktu yang singkat. Bahkan tidak mencapai satu tahun, hanya dalam beberapa bulan investor sudah bisa meraih keuntungan dari modal awal yang diinvestasikan. Biasanya jumlah dana yang disetorkan juga tidak banyak, sehingga resiko yang ditimbulkan juga tergolong ringan.
Maka, sangat cocok dilakukan bagi masyarakat kelas menengah atau misalnya dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Di lain sisi, investasi jangka pendek menjadi terobosan utama selain menabung di Bank, karena mayoritas investor berasumsi bahwa lebih baik uang diinvestasikan dari pada disetorkan untuk tabungan yang nantinya juga pasti akan tergerus inflasi, sehingga tidak bertambah justru akan semakin berkurang. Dalam manajemen keuangan rumah tangga investasi ini cocok dilakukan guna mengantisipasi kebutuhan dan keuangan yang bersifat mendadak pada waktu yang akan datang.
Salah satu cara investasi jangka pendek yang dapat Anda lakukan yakni dengan memulai investasi online. Mengingat kini banyak dijumpai lembaga keuangan penyedia investasi yang bisa mudah diakses secara online. Mereka biasanya menyajikan dan menawarkan berbagai produk investasinya melalui sistem aplikasi, sehingga lebih memudahkan Anda untuk mengakses dan memahaminya. Kebanyakan produk investasi online yang ditawarkan juga memiliki rentang atau jangka waktu yang relatif pendek disertai batasan minimum dana yang terjangkau dan tidak memberatkan.
Sehingga, produk jangka pendek sangat cocok bagi investor pemula dengan dana yang tidak terlalu besar dan ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Biasanya tidak memakan waktu melebihi setahun, mungkin hanya beberapa bulan saja. Berbeda dengan jangka panjang yang memakan waktu bertahun-tahun. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan legalitas dan tingkat kepercayaan lembaga yang Anda pilih untuk investasi, jangan sampai keinginan Anda untuk mendapat keuntungan berubah menjadi kerugian. Pilihlah lembaga penyedia investasi yang resmi, memiliki badan hukum dan terdaftar dam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here